Cara Mengatasi Diare Pada Balita Menggunakan Bahan Alami

Diare adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang  sistem pencernaan yang bisa berakibat fatal jika tidak cepat ditangani. Penyebab terjadinya diare tidak selalu tentang makanan yang terkontaminasi dengan bakteri, diare bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan tangan. Oleh karena itu sangat penting untuk anda para orang tua tahu cara mengatasi diare pada balita, hal ini untuk mengantisipasi jika penyakit diare menyerang kapan saja pada anak anda. Yuk simak ulasannya berikut ini
  1. Air Kelapa
Seseorang yang mengalami diare pastilah mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan banyaknya cairan yang keluar saat mengalami diare. Salah satu dampak tubuh mengalami dehidrasi adalah kematian mendadak. Oleh karena itu untuk mengurangi dehidrasi anda bisa mengonsumsi air kelapa muda.
Air kelapa mengandung ion. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang saat diare, air kelapa muda juga bermanfaat sebagai sumber elektrolit alami yang baik untuk tubuh untuk seseorang yang mengalami dehidrasi. Untuk pengobatan pada balita sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan air kelapa, secukupnya saja, agar membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Baca juga artikel kami tentang stimuno untuk balita.
  1. Asi
Untuk anda yang saat mencari obat diare untuk anak anda. Tidak perlu pusing-pusing untuk mencari obatnya. Anda bisa memanfaatkan air susu ibu sebagai obat diare. Air susu ibu  memiliki khasiat yang cukup besar karena mengandung makanan dan antioksidan sehingga asi dapat membantu untuk mengatasi diare pada balita.
  1. Rebusan Daun Jambu
Rebusan daun jambu adalah salah satu obat alami yang sudah dipercaya sejak lama untuk menyembuhkan penyakit diare. Karena dalam daun jambu terdapat kandungan zat flavonoid yang mampu mengatasi penyakit diare.
Untuk pengobatan menggunakan rebusan daun jambu caranya cukup mudah, yang pertama anda bisa memetik daun jambu beberapa lembar, selanjutnya masukkan daun jambu beri air secukupnya, tunggu sampai mendidih dan dinginkan kemudian minum, untuk takaran anak balita sebaiknya jangan terlalu banyak, secukupnya saja.
  1. Daun Kayu Manis
Pengobatan penyakit diare secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan dasar daun kayu manis, biasanya orang akan memanfaatkan minyak dan kayu manis saja. Ternyata daun kayu manis juga bisa digunakan untuk obat sakit diare pada balita. Daun kayu manis dapat menghasilkan rasa hangat jika dibalurkan pada perut anak balita. Hal ini dapat memberikan rasa rileks.
Cara pengobatan diare pada anak balita dengan menggunakan kayu manis pun cukup mudah. Langkah pertama anda harus mengeringkan daun kayu manis terlebih dahulu usahakan daun benar-benar kering. Langkah kedua rebus daun kayu manis yang sudah kering sebelumnya, ambil sari air dari rebusan daun kayu manis kemudian balurkan sari airnya ke perut anak anda. Bagaimana cara yang mudah bukan? Selain itu cara ini juga sangat ampuh dan alami untuk menyembuhkan penyakit diare pada balita.
  1. Jahe
Jahe tidak hanya digunakan untuk obat masuk angin saja lho, bahkan jahe juga dipercaya dapat  menyembuhkan penyakit diare pada balita. Jahe mengandung sebuah senyawa yang bisa membuat perut menjadi lebih rileks. Pengobatan diare dengan menggunakan jahe tergolong cukup mudah, anda bisa menggeprek atau memarut jahe, kemudian ambil sari air jahenya dan oleskan pada perut anak anda. Usahakan jangan terlalu banyak mengoleskan sari jahe agar perut tidak kepanasan.
  1. Pisang
Pisang adalah buah yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. biasanya orang akan memanfaatkan sebagai hidangan penutup.  Buah pisang mengandung  banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Pisang juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare pada balita lho. Karena Pisang adalah makanan penunjang yang memiliki banyak gizi yang baik untuk tubuh sehingga pisang dipercaya mampu mengurangi diare.
  1. Daun Prasman
Daun prasman adalah tumbuhan obat tradisional yang tidak asing lagi ditelinga masyarakat karena daun prasman sering digunakan sebagai obat. Salah satu manfaat daun prasman ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare pada balita, daun prasman ini di jamin aman digunakan untuk obat diare pada anak, karena daun ini tidak memiliki efek samping jika digunakan.
  1. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji adalah salah satu ramuan tradisional yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti gatal dan diare. Sejak pada zaman dahulu daun jambu biji sudah dipercaya untuk digunakan bagi penderita diare. Bahkan caranya yang cukup unik karena pada zaman dahulu untuk pengobatan diare pucuk daun jambu biji dikonsumsi secara langsung tanpa harus direbus.
Bahkan banyak pabrik obat yang menggunakan bahan dasar daun jambu biji sebagai komposisi untuk pembuatan obat diare, jadi anda bisa memanfaatkan tanaman yang biasanya tumbuh di perkarangan rumah sebagai obat diare secara alami.
  1. Yoghurt
Yoghurt adalah salah satu jenis minuman yang difermentasikan dan mengandung banyak gizi yang baik untuk memenuhi asupan gizi pada anak anda. Para orang tua bisa memanfaatkan yoghurt untuk mencegah terjadinya penyakit diare. Oleh karena itu  anda bisa memberikan minuman yoghurt ini pada anak anda setiap hari. Rasanya yang manis  membuat anak mudah untuk mengonsumsinya.
  1. Oralit
Oralit adalah salah satu jenis obat diare yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit diare. Untuk menjumpai obat oalit ini anda bisa menjumpai di apotek atau warung-warung terdekat, harganya yang terjangkau dan ampuh membuat obat ini selalu di cari untuk membantu sistem pencernaan yang bermasalah.

Oralit juga bisa dibuat sendiri lho. Dengan memanfaatkan bahan dapur gula dan garam. Caranya pun cukup mudah anda hanya perlu mencampurkan kedua jenis bahan ini ke dalam air,  setelah larut anda bisa memberikan minum untuk membantu diare pada anak anda.

Untuk pemberian terhadap anak-anak anda bisa memberikan dengan cara sedikit-sedikit asalkan rutin sampai sembuh, untuk anda yang saat ini masih menyusui anda bisa memberikan dengan diiringi saat pemberian asi ketika anak anda kehausan.

Segera Ke Rumah Sakit
Diare jangan dianggap penyakit yang remeh, anda harus tahu bagaimana perkembangan diare pada anak anda. Jika diare pada anak anda berlangsung selama dua hari berturut-turut dan selalu mengeluarkan tinja yang berupa cairan dan berbentuk kemerahan yang bercampur dengan darah dan diiringi dengan muntah-muntah secara terus menerus, suhu badan  sampai 39 derajat C dan tubuh anak anda merasa lemas tidak memiliki tenaga, tanda-tanda ini adalah tanda jika diare pada anak anda semakin parah, segera bawa anak anda ke rumah sakit terdekat agar mendapat pertolongan pertama.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi diare pada balita, jangan meremehkan penyakit diare terutama pada buah hati anda. Anda bisa melakukan pengobatan dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional terlebih dahulu, jika tidak ada perubahan anda bisa membawa langsung ke rumah sakit, semoga dapat bermanfaat.
Description: Cara Mengatasi Diare Pada Balita Menggunakan Bahan Alami
Rating: 4.5
Reviewed by: Yudhi Irawan
On: 3:33 PM
TOP